Samarinda, 15 Juli 2025 — Memasuki hari kedua pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 11 Samarinda, para peserta didik baru kembali mengikuti rangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan lebih dalam lingkungan sekolah, serta membekali mereka dengan wawasan yang penting bagi kehidupan sekolah dan pribadi.
Kegiatan dimulai sejak pagi hari dengan persiapan dan registrasi ulang peserta. Kehadiran panitia dari OSIS, MPK, serta guru pendamping kembali memfasilitasi kelancaran administrasi dan pengaturan tempat duduk peserta di pendopo sekolah, yang menjadi pusat kegiatan MPLS hari ini.

Setelah seluruh peserta siap, kegiatan dilanjutkan dengan materi dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Dalam sesi ini, peserta didik diperkenalkan pada berbagai tata tertib sekolah, etika berperilaku, serta pembinaan karakter dan sikap disiplin yang menjadi bagian penting dalam kehidupan sebagai warga SMA Negeri 11 Samarinda. Waka Kesiswaan juga menyampaikan pentingnya menjaga nama baik sekolah serta membangun relasi positif dengan teman dan guru.

Selanjutnya, peserta mengikuti materi dari Komite Sekolah, yang memberikan pemahaman tentang peran dan fungsi komite sebagai mitra strategis sekolah dalam mendukung proses pendidikan. Komite juga menekankan pentingnya sinergi antara sekolah, orang tua, dan peserta didik untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif.

Memasuki sesi siang, peserta mendapatkan penyuluhan kesehatan mengenai bahaya dan pencegahan penyakit TBC, yang disampaikan oleh tim dari Puskesmas setempat. Edukasi ini bertujuan membangun kesadaran peserta didik akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan, serta mengenali gejala awal penyakit menular.
Setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan materi pengenalan OSIS, yang disampaikan langsung oleh pengurus OSIS SMA Negeri 11 Samarinda. Dalam sesi ini, para peserta diajak mengenal struktur organisasi OSIS, program kerja, serta semangat kepemimpinan dan pengabdian yang diusung dalam setiap kegiatan OSIS.
Sebagai penutup rangkaian kegiatan hari kedua, peserta juga mendapatkan materi pengenalan MPK (Majelis Perwakilan Kelas). MPK menjelaskan peran mereka sebagai penghubung antara peserta didik dan pihak sekolah, serta bagaimana MPK mendukung terciptanya iklim demokratis dan aspiratif di lingkungan sekolah.
Dengan padatnya materi hari ini, peserta didik baru tidak hanya semakin mengenal lingkungan dan struktur sekolah, tetapi juga mulai memahami pentingnya peran aktif mereka dalam menjaga kesehatan, berorganisasi, dan menjadi bagian dari komunitas sekolah yang berdaya.

Komentar Terbaru